Jadi, sudah memutuskan memasuki dunia road cycling? Well, welcome to the dark side. The cookies is over there..

Dalam sesaat pengetahuanmu tentang road cycling berkembang sedemikian cepatnya, dan melihat bahwa road cycling memerlukan beberapa perhatian khusus untuk mendapatkan essensi dari bersepeda yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya (termasuk jatuh konyol waktu lampu merah mungkin).

Inilah the unholy trinity yang akan membawamu lebih mengeksplor the darker side of cycling
( bukan doping obat2an )

4. Cycling Jersey and cycling short
Entah di koran atau TV, kamu melihat Pro cyclist memakai pakaian serba-ketat dengan beberapa logo tercetak di pakaian mereka, dan itu sangat keren! Untuk kita manusia biasa, lebih terlihat seperti human-billboard.

Rule of thumb, jangan memakai Pro team jersey sampai kamu bisa melaju dengan kecepatan 40km/h, atau akan ada seseorang bertanya ‘Bagaimana latihan Team Sky di mallorca musim ini?’

Secara umum, kegunaan cycling jersey adalah menyerap keringat dan mengeringkannya secara cepat, sehingga tubuh kita tidak overheat seperti saat memakai kaos biasa.
lebih aerodinamis, dan juga celana dengan padding akan memberikan kenyamanan jika itu tidak membantu menyelamatkan masa depanmu.

5. Saddle
Pernah merasakan numbness(geringgingan bahasa jawanya)? jika itu terjadi waktu/sesudah bersepeda, it lead to the-worst-thing-every-man-can-think… Impotence. You’ve been warned (include me)

Ketika melihat sadel yang eksotis, fancy, yang membuat tampilan sepeda kalian lebih Pro…Jujurlah terhadap pantat kalian… ‘apakah pantat saya besar?’ Setidaknya itu menyelamatkan dompetmu…

Saran dari saya (lebih baik jangan ditanggapi terlalu serius) pemula dengan tingkat fleksibilitas 8 jam di depan komputer, carilah yang hidung sadelnya ga terlalu panjang, lalu cukup lebar, dan kalau bisa rata…berlubang kalau perlu.

Cara terbaik menyelamatkan masa depanmu adalah dengan membayar sedikit mahal untuk melakukan bike fitting(sudah masuk rencana), sebelum memutuskan untuk membeli sadel yang cocok. Siapa tahu, sadel anda sekarang adalah soulmate pantat anda?

6. Clipless pedals + specific cycling shoes
The biggest of three unholy trinity. Siapa yang tidak ingin menjadi lebih cepat di atas sepeda balap?

Inilah yang membedakan seseorang yang serius/fun dalam mengendarai road bike.Technically, kita memakai sepatu khusus yang bisa ditancapkan di pedal khusus.

Man and machine become one. Kita menjadi seperti shinji ikari di dalam Neon Genesis Evangelion. Lebih cool lagi kalau kamu menamai sepedamu EVA unit 01. ( jika melakukan saran ini, saya sungguh-sunguh akan memanggilmu shinji. Serius )

The downside? Mempelajari cara memasang dan melepasnya bisa menyebabkan jatuh beberapa kali… Sakit? Sakitnya kalah sama malunya…. Apalagi kalau jatuh di tengah2 lampu merah gara-gara lupa ngelepasin.

Saya? Jatuh di depan anak sekolah, dan diketawain… Untungnya cuma satu orang.untungnya juga dah ga punya malu.

Moral dari cerita diatas:
seperti yang Master Yoda katakan kepada Luke Skywalker “No! Try not! Do or Do not, there is no try.”

MMD