http://better-biking.com/?p=643

Dia melihat ke bumi, dan melihat orang-orangNya berjalan di atasnya. Dia melihat mereka bekerja keras dan bergerak lambat dengan susah payah, di dekat desa mereka. ‘Aku akan membuat sesuatu untuk mereka untuk bepergian dari suatu tempat ke tempat lain, sesuatu yang cepat, ringan, dan tenang, sesuatu yang cocok dengan badan mereka, dan dapat diperbaiki dengan mudah, sesuatu yang orang-orangKu dapat menikmatinya’. Dan terjadilah sesuatu itu, Dia menciptakan Sepeda. Dia melihat Sepeda itu, dengan 2 roda, frame, drivetrain, seat, handlebar, dan melihat segalanya baik.

Dia memberikan sepeda ke orang-orangNya dan berfirman: ‘Gunakan ini dengan baik karena aku telah membuatnya untukmu, dan untuk anak-anakmu, dan untuk anak-anak dari anak-anakmu, dan segala keturunanmu, agar kamu dapat bebas bepergian’. Dan merekapun bergembira. Mereka menyanyikan pujian-pujian dan memuliakan namaNya. Dengan sepeda mereka menjelajah seluruh bumi dengan cepat, bepergian ke tempat-tempat yang belum terjamah, menyebarkan ajaranNya tentang cinta, kasih dan gear ratios.

Tetapi, orang-orangNya tidak dapat memahami kerumitan yang tidak tampak dari sepeda. Mereka terjatuh. Mereka tidak mengerti. Mereka mengubah gambaran sepeda. Mereka membuat sepeda sendiri berdasarkan rancanganNya dengan satu roda, kemudian tiga roda. Mereka menambahkan keranjang, bel, lampu, fender, jagrak, dan penahan gelas ke sepeda. Mereka mengendarai sepeda turun dari puncak gunung, menyeberangi salju, dan menuju kedalaman lautan. Mereka menciptakan dual suspension, power meter, velodrome, criterium, aerobar, energy gel, dan doping.

Suatu waktu, Dia melihat kembali ke bumi dan melihat orang-orangNya keliru menggunakan anugrahNya. Dan Dia menjadi marah. Dia berfirman kepada orang-orangNya dengan keras: ‘Apa yang telah kalian perbuat terhadap sepeda? Mengapa kamu menggunakannya seperti itu? Setan apa yang ada di pikiranmu? Siapa orang bernama Lance dan kenapa kalian begitu memujanya?’. Dan merekapun sadar dengan kebodohan mereka, menangis dan memohon:’Tolonglah kami, bimbinglah kami sebagaimana seharusnya menggunakan ciptaanMu. Kami mencintai sepeda’. Dia mendengar penyesalan dan tobat mereka. Kemudian dia berfirman:’Baiklah, dengarkanlah sungguh-sungguh perkataanKu, karena sekarang aku memberimu 13 perintah Bersepeda. Taatilah, bawalah selalu di dalam hatimu, sebarkanlah ini diantaramu, dan jangan pernah lupa bahwa perintah ini berasal daripadaKu.’

1.Jangan menjadi poser
Janganlah kamu menggunakan jersey world champion atau national champion dengan rainbow stripes sampai kamu mendapatkannya sendiri dalam disiplin sepedamu.

2. Mintalah ijin terlebih dahulu untuk drafting
Apabila kamu bersepeda sendirian dan menemui peleton, dan kamu ingin drafting, mintalah ijin ke orang paling belakang di peleton itu. Terlebih lagi, jika kamu ingin drafting ke orang yang bersepeda sendirian.

3. Jangan membuat keributan
Jika tidak ada yang mengajakmu bicara dalam peleton, maka diamlah.

4. Jadilah mandiri
Bersiaplah untuk segala kemungkinan (meskipun bersepeda bersama, bawalah pompa, ban dalam, co2, co2 canister)

5. Jangan menggunakan aero-bar saat berada dalam peleton
Mempraktekkan posisi aero pada aero-bar dalam peleton sangat berbahaya.

6. Jangan menghalangi hak orang lain
Kalau berhenti, minggirlah ke tepi jalan.

7. Berpakaian yang sopan
Jangan menggunakan celana berlubang atau tipis sehingga kulitmu terlihat samar-samar.

8. Berkomunikasilah
Kalau berpas-pasan dengan cyclist lain, berilah salam baik verbal maupun non-verbal.

9. Bersikaplah sopan
Kalau bertemu pejalan kaki, beritahu mereka bahwa kamu akan melintas, apalagi jika blusukan mensurvei rute baru melewati desa. Bertanyalah apakah jalan itu boleh dilewati.

10. Berhati-hatilah kalau mau pipis
Jangan pipis di jalan, trotoar, tempat bermain, halaman sekolah, taman kota, makam, baskom lemon, atau orang yang berdiri didekatmu.

11. Jangan konyol
Jangan menggunakan kaos kaki dengan panjang yang mendekati lutut.

12. Pahami posisimu
Sampai kamu menarik peleton, jangan berada di depan peleton, atau jangan jadi wheelsucker tanpa mau bekerjasama waktu breakaway.

13. Jagalah selalu performa sepedamu
Periksalah secara berkala komponen sepedamu, dan pastikan baik adanya sebelum libas-libasan.