Seandainya kamu memiliki 2 juta untuk meningkatkan performa, mungkin bike fitting ada di list terakhir setelah groupset, wheelset, trainer, jersey, etc. Dan fitting sepeda kamu coba-coba sendiri sampai berasa enak dengan panduan rata-rata di internet. Terlebih lagi memakai panduan dari TV bagaimana posisi PRO cyclist di sepeda…dengan pekerjaan sehari-hari duduk 8 jam di depan komputer.

Mungkin yang perlu dicermati, cari fitter yang memang punya kredibilitas… Bukan yang asal cari uang. Untuk itu saya mempercayakan tubuh dan sepedaku kepada Specialized Body Geometry Fit Integration Technology ( Specialized BG Fit ).

Singkatnya, bike fitting itu menyelaraskan settingan sepeda dengan tubuh kita, keinginan kita ( endurance, speed, atau comfort, atau gabungan ketiganya ). Sebab badan manusia memiliki tingkat adaptasi yang tinggi, sehingga apabila settingan sepeda tidak cocok maka tubuh kitalah yang menyesuaikan… Dan berakhir dengan ketidaknyamanan, buruknya sepeda tergeletak di gudang dan menjadi rumah bagi laba-laba.

Secara garis besarnya akan saya coba jelaskan disini, karena garis kecilnya membutuhkan kuliah di US selama setahun.

1. Background
Speed, endurance, comfort? Setting sepeda kita bergantung pada apa tujuan kita bersepeda… Kalo kamu menjawab untuk memenangi tour de france, maka setting sepedamu bakal agresif. Tapi tolong beri jawaban yang realistis ya…

Lalu, apakah pernah mengalami cedera? Kapan memulai sepeda? Ketidaknyamanan di bagian mana? Dan banyak lagi… Ini seperti kamu diwawancarai masuk kerja.

2. Body measurement
Di sesi ini seperti waktu tubuhmu diukur sebelum bajumu dibuat. Dan ini sangat mendetail, waktu kupikir aku mungkin bisa mengingatnya dan menjiplaknya… Itu seperti ujian kenaikan kelas dan mempelajari materinya hanya dengan melihat sampul bukunya.

Ukuran dan fleksibilitas tulang punggung, tangan, leher, kaki, harmstring, telapak kaki, tinggi badan, pinggul dan entah apalagi juga diukur disini. Belum lagi kanan dan kiri, katanya tubuh manusia tidak ada yang simetris. Anehnya dia tidak mengukur inseam seperti panduan2 singkat menentukan tinggi sadel.

Pokoknya di sesi ini saya seperti menjadi spesies baru yang sedang diteliti di laboratorium NASA.

3. Bike setting
Setelah mengetahui ukuran tubuh, dimulailah proses mempersatukan tubuh dengan sepeda.
Intinya terletak pada Sepatu, sadel, dn handlebar.

-Sepatu
Cleat position sangat menentukan disini. Ukuran telapak kaki, bagaimana tekanan pada kaki ketika duduk dan berdiri, dan entahlah… Tujuannya untuk menghindari cedera dan memnyalurkan tenaga seefisien mungkin disetiap kita mengayuh. Yang kutahu, dia juga menerima jasa menentukan cleat position seharga 400ribu rupiah.
Solusi: menyesuaikan ulang posisi cleat, mengganti sol sepatu (burn some money)

-Sadel
Setelah beres mengatur sepatu, beralih ke sadel. Dalam kasusku, di sadel inilah sumber segala derita yang kurasakan…pelvisku sedikit bergeser mengakibatkan kakiku berasa panjang sebelah, padahal kata dia panjang kakiku sama.

Sadel awalku terlalu sempit untuk pantatku yang lebar. Dan dengan mengganti sadel (burn some money again), mengatur ketinggian sadel, dan maju mundurnya sadel…it works like magic! Rasanya seperti mendapat transplantasi dari kaki kuda!!

-Handlebar
Yang terakhir adalah mengatur ruang kontrol sepeda. Yang salah dari settinganku? Handlebar terlalu sempit sehingga paru2 tidak dapat mengembang dengan sempurna, stem yang kurang panjang (Burn! Burn some money again baby!), dan terlalu tinggi.

4. Final check
Setelah mengatur sepatu, sadel, dan handlebar, dia melihat keseluruhan posisi badanku diatas sepeda. Dan terus bertanya apakah ada ketidaknyamanan dan diselingi sedikit penyesuaian.

Tapi, perlukah? Ya, pada akhirnya itu kembali ke pilihan masing-masing…tetapi dengan hasil yang kuperoleh, Bike Fitting merupakan keputusan paling tepat yang pernah kubuat dalam peningkatan performa.

Memang benar aku tidak balapan, tidak berkompetisi secara resmi, bekerja 8 jam sehari, dan bersepeda hanya untuk hobi. Tetapi, hidup terlalu singkat dengan fitting sepeda yang salah bukan? Siapa tahu dengan bike fitting yang tepat, kamu akan memenangkan grand tours suatu saat?

MMD